User:Murbaut/SB/Proposal/desa

From Wikipedia

Proposal (perbaikan)[edit]

Artikel bertopik desa merupakan artikel yang menjadi ciri khas Wikipedia Bahasa Indonesia. Namun beberapa konflik sering terjadi menghampiri artikel bertopik ini terutama mengenai isinya yang hanya satu baris (one-liner) serta tidak adanya sumber/pranala luar, sehingga beberapa anggota komunitas merasa penting untuk menjaga kualitas artikel Wikipedia Bahasa Indonesia. Artikel desa sebaiknya mendapat perhatian yang khusus, maka dari itu supaya tidak menimbulkan kebingungan, perlu dibuat sebuah kebijakan yang dapat menjadi acuan sebuah artikel layak tayang (mengingat artikel desa ini masih memiliki keterbatasan, kebijakan ini masih dapat diperbaharui kembali sesuai perkembangan zaman).

Mengenai kebijakan tentang wilayah administratif di Indonesia terutama desa atau kelurahan yang akan dibahas, beberapa kriteria umum dan kebijakan umum dapat diperbarui kembali.

Kebijakan kelayakan artikel yang berhubungan
  • "Pembahasan yang signifikan" berarti sumber membahas subyek secara langsung, mendetail, dan nontrivial.Template:Fn
  • "Sumber",Template:Fn didefinisikan dalam Wikipedia sebagai sumber primer, harus dapat memberikan bukti kelayakan yang obyektif. Lebih dari satu sumber lebih baik.
  • "Tepercaya" berarti sumber dapat digunakan untuk pemastian kelayakan, sesuai pedoman sumber tepercaya.
Kriteria umum (direvisi)

Sebuah kelurahan atau desa disebut layak apabila memenuhi minimal satu kriteria umum berikut:

  • Memiliki kotak info standar dan memiliki setidaknya sebuah kategori.
  • Memiliki letak administratif yang jelas (seperti:kecamatan, kabupaten, provinsi)
  • Memiliki minimal 1 sumber/pranala luar yang menjelaskan keabsahan desa tersebut. (mis. dari BPS / Kementerian Dalam Negeri RI)
Catatan

Artikel desa merupakan artikel unik mengenai Indonesia di Wikipedia bahasa Indonesia. Artikel desa yang sudah bisa dipastikan keabsahannya tidak akan dihapus, namun artikel yang tidak memiliki satu pun pranala luar akan diberikan tag peringatan sebagai berikut: Template:Referensi

Dari pernyataan di atas bahwa artikel desa dapat dikatakan layak apabila memenuhi minimal satu kriteria kelayakan di atas. Jadi kriteria di atas merupakan rangkuman dari sebagian besar artikel desa yang sudah tayang. Beberapa komentar dapat diberikan sebelum ditetapkan, guna mempermudah mencapai mufakat.

Komentar[edit]